Memahami Makna Simpati dan Empati yang Sebenarnya

Makna Simpati dan Empati – Banyak orang bingung menggunakan kata simpati atau empati untuk mengungkapkan suatu perasaan.

Kedua kata tersebut memang erat hubungannya dengan emosi. Baik simpati maupun empati berasal dari kata yang sama yaitu pathos dalam bahasa Yunani yang memiliki arti yaitu segala hal yang berhubungan dengan penderitaan dan perasaan.

Meski simpati dan empati merupakan kata yang mirip, namun ternyata memiliki perbedaan arti.

Pengertian Simpati

Simpati berhubungan erat dengan perasaan belas kasih atau rasa ikut prihatin atas kejadian yang menimpa seseorang.

Simpati terasa seperti saat kamu sedang menonton film. Kejadian yang mengharukan tersebut sedang menimpa seseorang di tempat yang tidak terjangkau oleh kamu dan kamu tidak pernah mengalami kejadian yang sama.

Simpati adalah rasa peduli dan perhatian kepada seseorang, bahkan terhadap seseorang yang tidak kamu kenali.

Perasaan tersebut berbeda dengan rasa kasihan sebab simpati menyiratkan rasa yang lebih besar dan melibatkan perasaan pribadi yang lebih mendalam.

Simpati hanya terjadi pada individu, tidak melibatkan prespektif bersama atau emosi kelompok.

Simpati hanya menyampaikan perhatian tetap, tidak mengungkapkan kesedihan secara kolektif.

Pengertian Empati

Empati biasanya terjadi ketika kamu berusaha menempatkan diri pada situasi dimana orang tersebut sedang mengalami kesedihan dan membagi kesedihan bersama.

Pengertian empati sesungguhnya lebih kompleks. Karena empati merupakan kemampuan untuk berada dalam situasi orang lain.

Empati tidak hanya melibatkan perasaan dan emosi saja, tetapi juga sudut pandang dari kesulitan yang sedang dialami seseorang.

Kamu seolah-olah menjadi orang yang sedang dalam situasi sulit sehingga merasakan apa yang dirasakannya.

Sungguh mulia seseorang yang memiliki rasa empati.

 

Perbedaan besar antara simpati dan empati adalah bila kamu tidak pernah mengalami kejadian serupa, maka kemungkinan besar kamu hanya memiliki rasa simpati dan bukan empati.

 

Simpati dan Empati
va santalessandro.org

Antara Makna Kasihan dan Kasih Sayang

Kata lain yang sering diartikan lain adalah kata kasihan dan kasih sayang.

Layaknya simpati dan empati, kedua kata antara kasihan dan kasih sayang juga memiliki reaksi yang sama terhadap pernderitaan orang lain.

Pengertian Kasihan

Rasa kasihan merupakan bentuk ketidaknyamanan hati akan kesusahan orang lain dan seringkali merendahkan.

Hal inilah yang membuat orang tidak nyaman dikasihani. Mengasihani orang lain tidak selalu berhubungan dengan rasa empati, kasih sayang atau simpati.

Rasa kasihan juga bisa diartikan sebagai bentuk kesedihan simpati atas penderitaan orang lain.

Pengertian Kasih Sayang

Sedangkan pengertian kasih sayang, membutuhkan keterlibatan yang tak dibuat-buat, punya makna yang mendalam karena tapa disadari kasih sayang itu dibangun dari perasaan empati untuk menyalurkan bantuan yang lebih besar.

Kasih sayang membuat diri kita merasa berkemauan untuk melibatkan diri secara pribadi sedangkan kasihan lebih hanya ingin menonton tanpa berbuat sesuatu.

Hal tersebut bisa saja dipicu karena merasa tidak mampu atau tidak berkewajiban.

Tak jarang kita merasa bingung dengan empati dan kasih sayang yang memiliki unsur tambahan berupa keinginan untuk mengurangi beban orang lain.

Empati lebih menitikberatkan pada kemauan dan kemampuan untuk menempatkan diri di situasi sulit orang lain.

Berhadapan dengan orang yang sedang mengalami masalah

Ketika di hadapan kita ada orang yang mengalami musibah, hal pertama yang bisa dilakukan adalah memberikan waktu untuk mendengarkan.

Kunci utama agar seseorang tidak merasa ditolak adalah dengan mendengarkan.

Memberi saran atau nasihat yang tidak diminta bisa membuat orang yang tertimpa musibah bisa sakit hati.

Maka dari itu, ada saat yang tepat dimana kamu harus memberi saran yaitu ketika mereka telah memintanya.

Orang yang sedang dalam masalah terkadang hanya perlu diperhatikan dengan didengarkan keluhannya.

Mencoba untuk memahami situasi itu cukup sulit. Mereka sudah sangat cukup meringankan beban yang mereka rasakan. Bahkan mendengarkan saja mungkin akan membuat kita merasa canggung.

Namun ketika mereka berbicara pada kita dengan kita mau mendengarkan sepenuhnya, maka itu adalah sikap terbaik.

Itu sebabnya semua orang dianjurkan memiliki telinga yang empati; semua yang mereka butuhkan adalah dengan mengatakan semuanya, unek-unek masalahnya.

Kamu cukup menawarkan telinga empati kamu untuk mendengarkannya dan biarkan hati kamu bekerja penuh pengertian kepada mereka yang sedang menderita. Ini adalah tindakan luar biasa dalam menawarkan kenyamanan.

Sebab kebanyakan orang malas untuk mendengarkan sebuah penderitaan.

Hal lain yang bisa kamu lakukan adalah mencoba untuk memberikan bantuan. Hal ini lebih baik daripada memberikan nasihat yang belum tentu tepat dan belum tentu juga mereka siap menerimanya.

Simpati yang kamu rasakan bisa diubah menjadi sebuah empati yaitu dengan menciptakan hubungan yang penuh perasaan terhadap apa yang sedang mereka alami. Kita butuh empati, kita butuh mata yang bisa digunakan untuk menangis; merasakan penderitaan mereka.

Reaksi menangis lebih tepatnya adalah dengan meyakinkan mereka bahwa kamu tidak akan meninggalkan mereka sendirian. Masih ada kamu di sampingnya.

Misalnya, jika ada teman yang kehilangan pekerjaan, cobalah untuk merasakan perasaan yang pedih karena ditolak oleh tempat kerjanya.

Semua orang pernah mengalami penolakan meskipun bentuk penolakannya berbeda-beda. Permasalahannya mungkin berbeda, tetapi rasa kehilangan terasa hampir mirip. Maka tygas empati yaitu menemukan gema dari orang lain yang ada di dalam diri kamu.

Maka sarannya adalah, buat pengalaman yang sedikit mirip dengan yang dialami oleh orang lain. Ini akan terasa nyata kembali agar kamu dapat berempati terhadap apa yang sedang mereka rasakan, siapapun mereka.

 

Ketika kamu menunjukkan rasa empati yang sangat dalam terhadap orang baik keluarga maupun kerabat, maka energi perlawanan mereka akan melemah dan akan terganti oleh energi positif. Hal ini akan membuatmu menjadi lebih kreatif dalam menyelesaikan berbagai masalah.

Empati sama halnya mencoba menggunakan sepatu orang lain; melihat dan merasakan seperti apa isi hatinya.

Empati tidak hanya sulit diterapkan secara otomatis, sebab empati bisa membuat dunia menjadi tempat perlindungan terbaik untuk semua makhluk hidup. Oleh karena itu, kita sebagai manusia selayaknya perlu memiliki rasa empati. Ketika rasa empati pada diri kita hilang, maka kemanusiaan pada diri kita pun akan hilang.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.