Yuk, Kenang 10 Permainan Masa Kecil yang Menyenangkan ini

Masa kecil penuh dengan canda tawa, keceriaan, dan pertemanan yang menyenangkan melalui permainan masa kecil.

Melalui permainan, kebahagiaan masa kecil dapat lebih terasa menyenangkan apalagi jika dilakukan bersama teman-teman.

Permainan masa kecil jaman dahulu banyak menuntut pergerakan fisik yang baik untuk kesehatan anak. Demikian pula permainan jaman dahulu banyak mengajarkan kerjasama antar sesama anak.

Seiring berjalannya waktu, permainan masa kecil jaman dahulu mulai hilang. Anak jaman sekarang sudah tidak lagi mengenal beberapa permainan yang dimainkan orang jaman dahulu.

Hal itu disebabkan karena anak lebih senang bermain sendiri dengan gadgetnya atau juga karena sudah tidak ada lahan lapang untuk anak bermain bersama dengan teman-temannya.

Kesibukan anak di sekolah juga menjadi salah satu faktor penyebabnya.

Permainan anak kecil jaman sekarang cenderung membahayakan bagi kesehatan anak. Ketika anak sibuk dengan gadgetnya, mata anak bisa sakit karena radiasi dan sinar biru yang terus-menerus mengenai mata.

Bahkan radiasi layar gadget bisa menghambat pertumbuhan otak, ini menurut dokter spesialis anak.

Selain itu, permainan dengan gadget tidak mengharuskan anak untuk bergerak sehingga tubuh anak tidak terlatih untuk berolahraga.

Berikut ini akan Satu Jua ulas 10 permainan masa kecil yang mulai hilang dan hanya dikenal oleh orang jaman dahulu. Barangkali kamu termasuk orang yang merasakan permainan jaman dulu ini.

1. Permainan Ular Tangga

permainan masa kecil
via metrojateng.com

Permainan sederhana ini sangat mengasyikkan untuk dimainkan bersama saat istirahat sekolah atau saat malam hari bersama teman-teman.

Ular tangga menjadi salah satu permainan masa kecil yang tidak perlu mengeluarkan energi berlebihan karena bisa dilakukan sambil duduk.

Meskipun dilakukan sambil duduk, bukan berarti permainan ini tidak seru. Ular tangga bisa menjadi lebih seru jika dilakukan sambil menghukum teman yang kalah dalam pertandingan dengan mencoretnya.

Permainan jaman dulu ini bisa dimainkan sampai 4 orang secara bergantian.

Ular tangga dimainkan dengan cara melakukan kocokan dadu. Jika angka yang keluar nominalnya besar dan angka kembar, maka inilah saat yang menguntungkan bagi pemain untuk memenangkan permainan.

Saat bermain permainan ini sudah hampir tamat di angka ke 100, seorang pemain bisa tiba-tiba turun ke nomor kecil ketika sedang tidak beruntung.

Jika seorang pemain menempati kotak yang ada gambar ularnya, maka dia harus turun ke kotak yang lebih rendah sebagaimana ditunjuk oleh ular.

Sebaliknya, jika dia menempati kotak dengan tangga, maka dia berhak naik ke kotak yang lebih tinggi.

2. Permainan Monopoli

permainan masa kecil
via mainan-toys.blogspot.com

Inilah permainan masa kecil yang hingga kini masih sering dimainkan oleh anak jaman sekarang.

Bentuk permainan monopoli era saat ini sudah ada yang berbentuk digital dan dapat dimainkan degan orang dari berbagai tempat bahkan negara.

Permainan monopoli mirip dengan ular tangga karena menggunakan media dadu untuk menetukan jumlah langkah setiap pemain.

Yang berbeda dari permainan ini yaitu adanya dengan uang mainan untuk membeli properti imajiner saat bermain.

Jika seseorang berjalan dan tanpa sengaja menempati properti pemain lain, maka dia harus membayar sewa. Demikian seterusnya hingga salah semua lawan bangkrut karena kehabisan uang.

Sang pemenang monopoli yaitu yang berhasil menguasai seluruh properti. Ini letak pencapaian yang luar biasa menyenangkan.

Bermain permainan monopoli di masa kecil dapat merangsang kepintaran dalam membangun langkah yang harus diambil saat mendapatkan kesempatan dari perputaran dadunya.

Jika kamu pernah bermain monopoli di masa kecil, kamu pasti merasakan tidak enaknya berada di dalam penjara dan tidak punya uang.

Di satu sisi, lawan yang sedang memiliki banyak uang akan merasa memonopoli permainan.

3. Bermain Kelereng Saat Masih Kecil (Gundu)

Permainan masa kecil
via web.sdnbaleharjo2pacitan.sch.id

Permainan jaman dulu yang satu ini sangat bergantung pada cuaca. Jika cuaca sedang cerah, maka permainan bisa dilakukan di tanah lapang bersama-teman.

Sedangkan sebaliknya jika sedang hujan, maka harus berpikir untuk melakukan permainan lain karena sudah pasti kelereng tidak akan bisa melaju dengan baik di tanah yang basah.

Di salah satu daerah di Jawa ada beberapa istilah untuk menyebut permainan kelereng ini, yaitu:

  • Gombyokan: permainan kelereng ini dilakukan dengan menyusun kelereng satu per satu kemudian mengumpulkan sebanyak-banyaknya.
  • Tujon: permainan ini membariskan kelereng satu per satu hingga memanjang.
  • Wokwoan: permainan kelereng dengan memanfaatkan lubang yang sengaja dibuat. Siapa yang kelerengnya paling dekat dengan lubang itulah yang menang.

4. Permainan Lompat Tali Karet

Permainan masa kecil
via josstoday.com

Lompat tali karet sebenarnya identik dengan permainan anak perempuan. Tetapi tidak menutup kemungkinan anak laki-laki juga ikut memainkannya.

Permainan masa kecil satu ini membutuhkan karet yang diikat sedemikian rupa sehingga menjadi panjang dan kuat untuk dipegang dua orang di masing-masing sisi dengan jarak tertentu.

Jarak menentukan keleluasaan seorang pemain untuk melewati karet tali.

Permainan lompat tali karet dilakukan dengan banyak cara. Salah satunya yaitu dengan mengharuskan seseorang untuk dapat melompati tali karet yang dibentangkan oleh dua orang.

Pada tahap awal, tali akan direntangkan serendah mungkin dari tanah, biasanya setumit. Jika seseorang mampu melewatinya, makan akan dinaikkan secara bertahap dari selutut, sepinggang, seperut, sedada, setelinga, sekepala dan semampu tangan mengangkat tali ke atas.

Pemenang permainan lompat karet ditentukan oleh siapa yang mampu melompat setinggi mungkin. Inilah permainan masa kecil yang mengandalkan gerak tubuh dan ketangkasan.

5. Permainan Jaman Dulu (Gasing)

Permainan masa kecil
via plukme.com

Gasing dilakukan dengan memanfaatkan suatu benda yang dapat berputar setelah dililit dengan tali.

Permainan jaman dulu satu ini biasanya terbuat dari pohon yang dibentuk sedemikian rupa sehingga dapat dililiti tali untuk kemudian dilempar ke tanah sehingga memutar.

Permainan gasing membutuhkan keahlian dalam melilitkan tali dan melempar gasing ke tanah.

Jika lilitan tali tidak sempurna, maka gasing akan berputar tidak stabil sehingga mudah terhenti perputarannya.

Jika cara melempar gasing juga tidak sempurna, maka tanah yang ditargetkan untuk pendaratan gasing tidak tepat seperti yang direncanakan.

Pemilihan tanah juga penting karena laju perputaran gasing akan lebih stabil di tanah yang datar.

Permainan gasing biasanya dilakukan dengan dua cara. Cara yang pertama adalah dengan mengadu lamanya perputaran gasing. Siapa yang gasingnya dapat paling lama berputar dialah yang menang.

Cara yang kedua adalah dengan membenturkan gasing ke gasing lawan. Gasing siapa yang sanggup bertahan berputar lama dan tidak keluar dari arena, dialah yang memenangkan permainan. Permainan yang sangat seru!

6. Permainan Tamiya

Permainan masa kecil
via rcmonkey.jp

Permainan yang satu ini masih populer hingga sekarang. Bahkan sudah ada perlombaan khusus yang dibuat sangat modern dengan memberikan hadiah kepada juara perlombaan tamiya.

Permainan Tamiya jaman sekarang dan jaman dulu juga berbeda. Jaman dulu tamiya hanya dimainkan tanpa keahlian khusus. Hanya cukup membeli mobil tamiya dan baterai, siapa yang mampu melaju lebih kencang, itulah yang menang.

Lain dulu lain sekarang, permainan tamiya saat ini sudah semakin canggih. Keahlian khusus dalam perakitan, perhitungan yang tepat mengenai keseimbangan mobil dan lain-lain sangat menentukan lajut tamiya di sirkuit yang telah dibuat khusus.

Permainan tamiya masuk ke Indonesia setelah ada tayangan film animasi jaman dahulu di TVRI.

Di film tersebut diceritakan ada seorang anak yang sangat jago bermain tamiya. Tamiya yang dia miliki mampu melaju sangat cepat ketika sang pemilik sangat bersemangat dan mempercayai kemampuan tamiya-nya.

Semenjak itulah di Indonesia gencar sekali mengadakan perlombaan tamiya dengan hadiah yang bergam.

7. Trik Yoyo Keren

Permainan masa kecil
via hatena.com

Tidak beda jauh dari permainan tamiya. Permainan yoyo juga sudah berkembang jauh saat ini, bahkan sudah diperlombakan hingga tingkat internasional.

Dulu permainan yoyo hanya dilakukan dengan cara melemparkan yoyo ke bawah hingga berputar lama atau menarik dan menurunkannya saja.

Hebatnya saat ini, permainan yoyo dilakukan dengan berbagai macam trik dan ketangkasan.

Bebagai trik bisa dilakukan oleh pemain yoyo profesional dengan mengombinasikan berbagai gaya, memutar-muta tali yoyo mengikuti gerakan tubuh dan banyak trik lainnya. Luar biasa orang yang handal bermain permainan yoyo.

8. Permainan Balon tiup

Permainan masa kecil
via youtube.com

Permainan balon tiup jaman dulu sempat hilang beberapa tahun lalu. Namun, saat ini balon tiup sudah mudah ditemukan di lingkungan anak TK dan sekolah dasar.

Permainan masa kecil satu ini dilakukan dengan meniup gel lengket khusus dengan sebuah pipa kecil hingga membentuk balon.

Peletakkan gel di ujung pipa menentukan keberhasilan peniupan balon agar dapat membesar dan tidak robek.

Demikian juga dengan cara meniupnya, peniupan harus dilakukan dengan sangat pelan dan hati-hati jika tidak ingin balon robek dimana-mana.

9. Cara Bermain Bola Bekel

Permainan masa kecil
via tokopedia.com

Permainan jaman dulu satu ini sudah langka dijumpai di lingkungan anak-anak jaman sekarang.

Kalau jaman dulu, anak perempuan sering berkumpul melingkar saat istirahat sekolah untuk melakukan permainan bola bekel.

Permainan bola bekel membutuhkan sebuah bola bekel dan beberapa benda khusus yang kecil berwana kekuningan.

Permainan satu ini membutuhkan ketepatan dan kecepatan tangan dalam melempar bola ke atas dan membolak-balikkan benda khusus tersebut.

Siapa yang paling bisa membalik benda khusus dengan cepat sebelum bola jatuh lagi ke lantai, itulah yang menang.

10. Permainan Layang-layang

permainan masa kecil
via youtube

Permainan layang-layang dilakukan tidak hanya anak kecil tetapi juga orang dewasa.

Permainan ini tergolong sebagai permainan musiman karena hanya dilakukan di kala angin berhembus dengan pelan dan teratur.

Permainan ini membutuhkan layang-layang, tali dan tempat yang cukup luas untuk menerbangkan layang-layang.

Permainan ini menjadi sangat seru ketika ada pemain layang-layang lain yang mau diajak untuk beradu kuat.

Tali layang-layang siapa yang tidak putus ketika diadu, itulah yang memenangkan pertandingan.

Di zaman sekarang, permainan layang-layang tidak hanya dilakukan untuk beradu. Layang-layang dibuat sangat besar dan indah sehingga di suatu daerah diadakan festival layang-layang. Festival ini biasanya dilakukan dalam skala nasional dengan mengundang pemilik layang-layang besar dengan desain yang nyentrik dari berbagai daerah.

 

Itulah 10 permainan masa kecil yang beberapa sudah mulai langka ditemui. Namun, ada sebagian permainan yang semakin berkembang meski jaman sudah beranjak ke era digital.

Apakah di antara 10 permainaan jaman dulu di atas ada yang membuat kamu merasa terkenang?

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.