11 Perbedaan Antara Bos dan Pemimpin, Mau Jadi yang Mana?

Seperti apa perbedaan antara bos dan pemimpin yang sebenarnya?

Pertanyaan ini masih seringkali dibahas di berbagai pembicaraan karena memang seorang atasan atau bos sering disamakan dengan seorang leader atau pemimpin.

Kalau dipandang dari statusnya sih mereka memiliki kesamaan, yaitu sama-sama memiliki jabatan paling atas di sebuah lingkungan kerja.

Namun ternyata, jika kamu mempelajari lebih dalam lagi soal kedua jenis status tersebut, maka kamu akan menemukan letak perbedaannya baik dari kosakata atau maknanya.

Oleh karena itu, melalui artikel ini, Satu Jua kali ini akan menjelaskan secara dasar apa perbedaan bos dan pemimpin melalui 11 poin di bawah ini.

1. Bos impersonal, pemimpin compassionate

perbedaan antara bos dan karyawan
via steemit.com

Bos impersonal memberikan masalahnya kepada orang lain.

Seorang bos tipikal ini lebih terlihat mengatur kinerja karyawannya.

Jadi ketika ada bawahan yang melakukan kesalahan, maka bukan tidak mungkin karyawan tersebut yang akan disalahkan.

Sementara seorang pemimpin lebih menunjukkan sifat yang comassionate.

Pemimpin menjadi sosok yang peduli kepada seluruh anggota tim dalam lingkungan kerjanya.

Seorang pemimpin compassonate tidak menganggap bawahnnya sebagai karyawan, melainkan rekan kerja atau bahkan sahabat.

Hal tersebut berpengaruh pada sikapnya ketika ada karyawan yang melakukan kesalahan tetapi tidak disalahkan.

Bisa dikatakan juga kalau sikap pemimpin memiliki nilai empati kepada bawahannya.

2. Bos mengatakan saya, pemimpin mengatakan Kita

Perbedaan antara bos dan pemimpin
via temita.jp

Seorang bos sangat mudah ditemui dilingkungan kita. Meski tidak dalam lingkungan kerja, tidak jarang seseorang mengatakan “Saya ingin kamu begini dan begitu”.

Seorang bos lebih mementingkan kepentingannya sendiri. Untuk kepentingan dan urusan hati karyawan, bos cenderung tidak peduli.

Sebaliknya, seorang pemimpin akan selalu mengatakan “Kita”. Jika tim mencapai keberhasilan, seorang pemimpin akan tetap menganggap capaian tersebut sebagai keberhasilan bersama.

Demikian juga ketika tim mengalami kegagalan, seorang pemimpin tetap akan menganggapnya sebagai kegagalan bersama. Lebih bijaksana dalam menerima kenyataan.

3. Bos menggunakan manusia, pemimpin mengembangkannya

Perbedaan bos dan pemimpin
via tabi-labo.com

Bos hanya ingin karyawannya melakukan apa yang dimintanya.

Ketika karyawan mau diperintah dan mampu mencapai target yang telah ditentukan bos, maka karyawan tersebut akan selamat dari kemarahan.

Beda dengan ketika karyawan terlihat malas bekerja sehingga tidak mencapai target kerja, karyawan hanya akan menjadi pelampiasan amarah.

Sedangkan pemimpin berusaha untuk mengembangkan kemampuan karyawannya. Jika dirinya melihat karyawan kurang pengalaman, pemimpin tidak akan ragu untuk menularkan pengalamannya.

Pemimpin akan berusaha mecari sesuatu yang menarik dari sang karyawan melalui sudut pandang yang berbeda sehingga bisa memberikan motivasi dengan cara unik.

Semua yang dibutuhkan karyawan, seorang pemimpin akan siap membantu.

4. Bos memuntahkan perasaan takut, pemimpin meraih rasa hormat

Perbedaan antara bos dan pemimpin
via medium.com

Ketika bos melintas di depan karyawan, hal pertama yang terlintas dipikiran mereka adalah rasa takut.

Secara umum karyawan yang atasannya seorang bos, hanya akan bekerja dengan motivasi untuk mendapat gaji tanpa ingin merasa memiliki perusahaan.

Berbeda dengan pemimpin, karyawan akan merasa hormat ketika seorang pemimpin datang menghampirinya. Angin bersahabat akan berhembus mengelilingi satu sama lain.

Ketika pemimpin berada di antara karyawan, perasaan rasa kagum, senang dan merasa diperhatikan kental terasa di hati karyawan. Ini karena aura bersahabat dari sosok pemimpin berhasil tersalur ke karyawan.

5. Bos mengambil penghargaan, pemimpin memberikan

Perbedaan antara bos dan pemimpin
via tabi-labo.com

Perbedaan antara bos dan pemimpin lainnya yaitu mengenai penghargaan. Bos hanya akan merampok penghargaan dari hasil kerja keras karyawannya.

Berbeda dengan pemimpin yang malah selalu memberi penghargaan sebesar-besarnya kepada karyawannya. Sikap rendah hati snagat melekat di dalam diri jiwa kepemimpinan.

6. Bos micromanages, pemimpin delegates

Perbedaan antara bos dan pemimpin
via diamond.jp

Arti micromanages adalah sifat mengatur dalam sekala kecil.

Dalam sekala kecil pun, seorang bos sebisa mungkin selalu mengatur karyawannya sehingga karyawan merasa selalu diawasi.

Sedangkan pemimpin memberikan ruang bagi karyawannya, bahkan tidak jarang seorang pemimpin mendelegasikan pekerjaan kepada karyawan supaya berkembang.

Pemimpin paham jika memberikan ruang bebas di lingkungan kerja kepada karyawannya, maka karyawannya akan sanggup bereksplorasi dan menghasilkan sesuatu yang kreatif. Semua saling menikmati kepuasannya.

7. Bos memerintah, pemimpin memimpin

perbedaan antara bos dan pemimpin
via pakutaso.com

Bos senang sekali mendominasi lingkungan kerja. Dalam memberikan tugas kepada karyawannya, bos memerintah dengan tegas dan cenderung tidak berperasaan.

Sedangkan pemimpin mengajak seluruh karyawannya untuk mengerjakan tugas bersama-sama. Mendengarkan dengan seksama pendapat karyawan, sekecil apapun pendapat yang dikeleluarkan.

Itulah bentuk menghargai yang terletak di diri pemimpin.

8. Bos berpikir pendek, pemimpin berpikir panjang

Perbedaan antara bos dan pemimpin
via genxnotes.com

Bos seringkali tidak berpikir ke depan sehingga sering mengambil keputusan yang serampangan, tergesa-gesa, bahkan gegabah.

Berbeda dengan pemimpin yang selalu berpikiran ke depan, selalu mempertimbangkan setiap akibat dari keputusan yang akan diambilnya. Semua tujuan cenderung jelas demi jangka panjang.

9. Bos mengatakan dirinya atasan, pemimpin mengatakan dirinya kolega

perbedaan antara bos dan pemimpin
via m.pptbz.com

Bos selalu mengecap dirinya sebagai atasan yang tidak boleh dibantah. Hal ini memberi kesan diktaktor kepada dirinya, baik itu sadar atau tanpa disadari.

Sedangkan pemimpin sebisa mungkin menganggap karyawannya sebagai kolega yang memiliki kepentingan sama di lingkungan kerja maupun di luar lingkungan kerja.

Itu mengapa pemimpin seringkali mengajak para karyawannya untuk berlibur atau nongkrong dan ngobrol santai-santai di luar kantor.

10. Bos fokus pada proses, pemimpin fokus pada sumber daya manusia

perbedaan antara bos dan pemimpin
via coachinga01.com

Seperti yang disinggung sebelumnya, bos selalu ingin mengatur karyawannya karena dirinya fokus pada proses,

Bos ingin karyawan melakukan tepat seperti apa yang ada dipikirannya. Karena cenderung menganggap nilai fungsi karyawan secara umum, yaitu melakukan tugas dan memberi upah.

Sebaliknya, pemimpin memberikan ruang kepada karyawan untuk bereksperimen dan menemukan ritme kerjanya sendiri. Pemimpin memanusiakan manusia.

11. Bos cenderung berpikir untuk perekrutan baru ketimbang mempertahankan

perbedaan antara bos dan pemimpin
via m.s2hrc.ca

Bos cenderung menerapkan tenaga kerja untuk sementara waktu demi mendapat angin segar dari karyawan baru.

Bos cenderung berpikir, dengan adanya karyawan baru, maka perusahaan memiliki harapan besar untuk lebih maju.

Bahkan tak tanggung-tanggung, bos akan langsung memecat karyawannya yang melakukan kesalahan tanpa memberi kesempatan terlebih dahulu.

Begitu terus, akan terjadi dari waktu ke waktu.

Sementara pemimpin selalu mempertahankan karyawannya dengan segala upaya. Kalaupun ada karyawan yang memang susah berkembang, maka seorang pemimpin akan memberi kesempatan untuk berkembang. Asal sang karyawan juga mau berjuang keras.

Keunikan pemimpin yaitu selalu memiliki cara untuk meyakinkan bahwa karyawan lama akan selalu bisa diandalkan demi kemajuan bersama.

 

Setelah memahami 11 poin di atas, kamu jadi tahu betul perbedaan antara bos dan pemimpin yang selama ini mungkin kamu menganggap bahwa kedua hal itu sama.

Karena meskipun sama-sama memiliki status jabatan paling atas dalam sebuah lingkungan kerja, tapi ternyata perbedaan dan maknanya ada di cara berpikir dan berperilaku. Thinking and attitude!

Hal ini juga bisa kamu perhatikan dengan mudah ketika berada di kehidupan nyata tanpa perlu kamu mencari tahu definis apa perbedaan antara bosa dan pemimpin. Semoga bisa membantu.

Mari menerapkan cara berpikir dan berperilaku layaknya pemimpin!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.