Pengertian Seni, Fungsi, dan Macam-macam Seni Menurut Para Ahli

Satujua.com – Apa itu pengertian seni? Secara umum, ini semacam ekspresi dari perasaan manusia yang memiliki nilai estetika di dalamnya dan dituangkan melalui suatu media yang bersifat nyata atau dapat dinikmati dengan panca indera kita.

Misalnya dalam bentuk nada, rupa, gerak, atau syair.

Ada pula yang berpendapat bahwa seni adalah segala sesuatu yang diciptakan oleh manusia yang mengandur unsur estetika dan bisa mempengaruhi perasaan orang yang melihatnya.

Bila kita kaitkan, seni merupakan hasil dari aktivitas manusia yang dituangkan dalam bentuk karya yang dapat dinikmati oleh orang lain nilai estetika serta keindahannya.

Sementara itu, orang yang melakukan proses pembuatan karya seni disebut dengan seniman.

Sebenarnya, pengertian seni secara etimologi berasal dari Bahasa Sansekerta San’ yang dapat kita artikan sebagai pemujaan, persembahan, dan pelayanan yang erat kaitannya dengan upacara keagamaan yang disebut dengan ‘kesenian’.

Pengertian Seni Menurut KBBI

pengertian seni

Bila kita merajuk kepada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian seni ini memiliki beberapa arti.

Yang pertama adalah keahlian membuat karya yang bermutu (dilihat dari segi kehalusan, keindahannya, dsb).

Yang kedua adalah karya yang diciptakan dengan keahlian yang luar biasa seperti tari, lukisan, ukiran.

Sedangkan definisi yang ketiga adalah kesanggupan akal dalam menciptakan sesuatu yang bernilai tinggi (luar biasa). Jadi di definisi ketiga ini, seni bukanlah dalam wujud gambar, musik, tarian atau semacamnya. Mengatur keuangan, tatanan kota atau semacamnya, juga masuk ke dalam seni.

Maka apabila kita mengambil kesimpulan, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia bahwa seni merupakan gabungan dari pemikiran dan keahlian untuk menciptakan sebuah karya yang memiliki keindahan yang bernilai tinggi.

Seni juga merupakan suatu proses, dimana tahap pertama dimulai dengan ide atau pikiran. Setelah ide atau pikiran itu didapatkan untuk melatarbelakangi suatu karya, kemudian selanjutnya adalah melakukan proses produksi karya seni.

Tahap yang terakhir, setelah ide atau pikiran yang diolah melalui proses produksi maka akan menghasilkan sebuah karya seni yang memiliki nilai estetika dan dapat dinikmati oleh setiap orang.

Sedangkan dalam Eksiklopedi Nasional Indonesia dijelaskan bahwa seni berasal dari Bahasa Latin ars yang artinya keahlian mengekspresikan ide-ide dan pemikiran estetika.

Dalam hal ini termasuk mewujudkan kemampuan serta imajinasi penciptaan benda, suasana atau karya yang menimbulkan rasa indah.

Pengertian Seni Menurut Para Ahli

Jika ingin lebih memahami tentang pengertian seni, maka kita harus melihat lagi pada pendapat para ahli mengenai definisi seni.

Nah, berikut ini adalah pengertian seni menurut para ahli yang sudah Satu Jua rangkum sebaik mungkin. Simak, ya.

1. Aristoteles

pengertian seni

Menurut Aristoteles, pengertian seni adalah suatu bentuk ungkapan dan penampilan yang tidak pernah menyimpang dari kenyataan.

Seni itu meniru alam dan dunia manusia yang memiliki sifat yang tepat guna atau ideal, maksudnya adalah sesuai dengan proporsi alam yang sebenarnya.

2. Plato dan Rousseau

Pengertian seni

Pengertian seni menurut Plato dan Rousseau adalah suatu hasil dari peniruan alam dengan segala seginya.

3. Schopenhauer

pengertian seni

Segala usaha untuk menciptakan bentuk-bentuk yang menyenangkan. Maksudnya adalah seni merupakan kegiatan yang menghasilkan suatu karya melalui bentuk-bentuk yang indah dan enak dilihat.

4. Leo Tolstoy

pengertian seni

Menurt Leo Tolstoy, seni adalah ungkapan perasaan pencipta yang disampaikan kepada orang lain agar mereka dapat merasakan apa yang dirasakan pelukis.

Ketika kita sedang menikmati suatu karya seni, kita seolah dapat merasakan apa yang dirasakan oleh seniman ketika ia sedang membuat karyanya.

5. Herbert Read

pengertian seni

Menurut Herbert Read, pengertian seni adalah ekspresi dari penuangan hasil pengamatan dan pengalaman yang dikaitkan dengan perasaan, aktivitas fisik, dan psikologis ke dalam bentuk karya.

6. Thomas Munro

Pengertian seni

Seni menurut Thomas Munro adalah alat buatan manusia yang dapat menimbulkan efek-efek psikologis atas manusia lain yang melihatnya.

Maksudnya adalah kita bisa melihat ada efek psikologis yang tergambarkan pada sebuah karya seni.

7. Sudarmaji

Pengertian seni

Pengertian seni menurut Sudarmaji adalah sebuah manisfestasi batin dan pengalaman estetis manusia yang memakai media garis, bidang, warna, tekstur, volume, dan gelap terang.

8. Ki Hajar Dewantara

pengertian seni

Seni adalah hasil keindahan sehingga dapat mempengaruhi perasaan seseorang yang melihatnya dan seni merupakan perbuatan manusia yang bisa mempengaruhi dan menimbulkan perasaan indah.

9. Drs. Popo Iskandar

 

Menurut beliau, pengertian seni adalah hasil ungkapan emosi yang ingin disampaikan seseorang kepada orang lain dalam kesadaran hidup bermasyarakat atau berkelompok.

Maksudnya adalah dengan menciptakan sebuah karya seni, seorang seniman dapat menyampaikan ‘pesan’ melalui sebuah media sebagai bentuk kesadaran sosial bagi masyarakat luas.

10. Alexander Baum Garton

Pengertian seni

Pengertian seni menurut Alexander Baum Garton adalah keindahan dan tujuan yang positif menjadikan penikmat merasa dalam kebahagiaan.

Dengan ini ia mengatakan bahwa ketika seorang menikmati sebuah karya seni yang indah dan memiliki tujuan yang positif, maka si penikmat seni akan merasakan perasaan bahagia karena merasa adanya keterikatan emosional yang berasal dari karya seni tersebut.

11. Hilary Bell

pengertian seni

Menurut Hilary Bell, seorang penulis dan penggiat seni dari Australia, seni adalah sebuah istilah yang digunakan untuk semua karya yang dapat menggugah hati untuk mencari tahu siapa penciptanya.

12. Eric Ariyanto

 

Sementara menurut Eric Ariyanto, seni adalah suatu kegiatan rohani atau aktivitas batin yang direfleksikan dalam bentuk karya yang dapat membangkitkan perasaan orang lain yang melihat atau mendengarkannya.

Maksudnya adalah seni dianggap sebagai suatu kegiatan yang ‘suci’ karena terlahir dari dalam batin yang kemudian akan direfleksikan dalam sebuah karya seni yang dapat menggugah emosi penikmatnya, baik ketika dinikmati secara visual maupun ketika didengarkan.

13. Prof. Dr. Koentjaraningrat

pengertian seni

Menurut guru besar antropologi ini, pengertian seni merupakan suatu kompleks dari ide-ide, gagasan, nilai-nilai, norma-norma, dan peraturan dimana kompleks aktivitas dan tindakan berpola dari manusia dalam masyarakat dan biasanya berwujud benda-benda hasil manusia.

Maksud dari definisi seni yang dikatakan oleh beliau adalah seni pada dasarnya adalah suatu ide, gagasan, nilai, norma dan peraturan yang dianut oleh sang seniman, kemudian ia akan merealisasikannya dalam sebuah benda yang disebut karya seni.

14. William A. Haviland

pengertian seni

Profesor yang dikenal sebagai Bapak Antropologi Dunia, William A. Haviland mengatakan bahwa pengertian seni adalah keseluruhan sistem yang melibatkan proses penggunaan suatu imajinasi manusia secara kreatif didalam sebuah kelompok masyarakat dengan kebudayaan tertentu.

Menurut beliau, seni merupakan hasil dari sebuah proses yang melibatkan imajinasi manusia yang diolah secara kreatif dengan memasukkan unsur-unsur kebudayaan dalam sebuah kelompok masyarakat.

 

Fungsi Seni

Pada awalnya, seni berfungsi sebagai media untuk menyampaikan ekspresi oleh manusia purba kepada orang lain dengan cara menggambarkan apa yang mereka lihat atau kegiatan sehari-hari mereka pada dinding gua.

Namun pada saat ini, fungsi seni dibedakan menjadi dua. Yaitu:

1. Fungsi Individu

Fungsi seni

Fungsi seni bagi individu adalah untuk memenuhi kebutuhan pribadi individu sendiri, misalnya:

A. Seni sebagai pemenuhan kebutuhan fisik

Karena manusia diberi akal dan pikiran, maka manusia memiliki kemampuan berupa untuk menciptakan berbagai benda-benda yang memiliki nilai keindahan dan nilai guna.

Apa fungsinya?

Yaitu sebagai pemuas kebutuhan fisik agar mendapatkan suatu kenyamanan. Fungsi seni sebagai alat pemenuhan kebutuhan fisik ini dapat ditemukan dalam seni terapan.

B. Seni sebagai pemenuhan kebutuhan emosional

Emosi merupakan perasaan yang ada di dalam hati manusia.

Emosi ini bisa muncul ketika ada interaksi dengan orang lain, dengan lingkungannya, maupun ketika mengingat sesuatu yang pernah terjadi sebelumnya.

Untuk menyalurkan kebutuhan emosional seseorang, terkadang diperlukan sebuah kegiatan positif yang bisa dilakukan yang bersifat menyenangkan dan dapat memberikan kepuasan batin.

Oleh sebab itu, para seniman mendapatkan kepuasan batin dari membuat karya seni yang berdasarkan perasaan dan pengalamannya.

2. Fungsi sosial

Fungsi seni

Fungsi sosial seni merupakan seni yang memiliki fungsi yang bermanfaat bagi sekelompok orang atau masyarakat untuk memenuhi kebutuhannya.

A. Fungsi seni untuk keagamaan atau kepercayaan

Seni dapat digunakan sebagai media untuk menyampaikan pesan keagamaan kepada manusia yang memiliki nilai-nilai tertentu.

Misalnya, dapat dilihat pada busana keagamaan, lagu rohani, kaligrafi, upacara keagamaan, upacara pernikahan, upacara kematian, dan lain sebagainya.

Contoh fungsi seni untuk keagamaan yang terkenal di Indonesia adalah Wali Songo yang menyebarkan agama Islam dengan menggunakan media wayang kulit.

B. Fungsi seni untuk pendidikan

Seni sebagai media untuk pendidikan dapat dilihat pada sekolah-sekolah yang memberikan pelajaran kesenian bagi murid-muridnya.

Di sekolah juga akan diajarkan cara bermain musik, menulis puisi, menggambar, yang nantinya dapat digunakan oleh siswa untuk mengekspresikan perasaannya kepada orang lain.

Selain itu, fungsi seni yang digunakan untuk membantu di bidang pendidikan misalnya gambar ilustrasi pada buku, poster, alat peraga labolatorium, film dokumenter, lagu anak-anak dan lain sebagainya.

C. Fungsi seni sebagai media informasi

Dengan menggunakan media seni, penyampaian pesan akan lebih lebih mudah dan tepat sasaran.

Fungsi ini biasanya berupa poster yang berisi imbauan, ajakan, larangan, kritik sosial, kebijakan yang akan disampaikan kepada masyarakat.

D. Fungsi seni sebagai media hiburan

Jika ditelisik lagi, seni memang sebuah media yang bersifat menghibur yang dapat dinikmati oleh setiap orangm misalnya dengan menikmati musik, menyaksikan pertunjukan teater, film atau melihat pameran seni rupa.

Para pelaku seni, atau yang biasa disebut sebagai seniman, dapat mengekspresikan dirinya melalui media seni yang dapat dinikmati orang lain.

E. Fungsi Artistik

Fungsi ini digunakan oleh para pelaku seni yang ingin mengekspresikan dirinya melalui sebuah karya bukan untuk hal yang bersifat komersil.

Misalnya, instalasi seni yang dipasang di taman, pameran koleksi pribadi, dan lainnya.

F. Fungsi guna

Ketika sedang dalam proses pembuatan karya seni, seniman akan memutuskan apakah ia akan akan mempertimbangkan tujuan dan fungsi guna dari karya seninya atau tidak.

Misalnya, karya seni yang dibuat memiliki fungsi sebagai perabot rumah tangga, perlengkapan makan, bingkai jendela dan lain sebagainya.

G. Fungsi kesehatan

Apakah kamu pernah mengetahui bahwa seni memiliki fungsi kesehatan?

Contoh yang paling populer adalah musik klasik yang diperdengarkan kepada bayi yang masih dalam kandungan.

Ketika mendengarkan musik klasik, otomatis perasaan menjadi lebih tenang dan dapat merangsang sistem kerja otak untuk mempertajam pikiran anak nantinya.

Selain itu, perasaan senang dan kepuasan hati yang dirasakan baik oleh pelaku seni maupun penikmat seni ketika melihat suatu karya bernilai estetis akan menghasilkan hormon dopamin yang dapat menjaga kesehatan mental kamu.

 

Macam-macam Seni

Setelah mengetahui pengertian seni dan fungsi seni, mari kita simak mengenai macam-macam seni.

Berdasarkan sifatnya, seni dibagi menjadi tiga bagian, yaitu: Seni rupa, seni gerak, dan seni suara.

Seni rupa merupakan sebuah penciptaan karya yang memiliki keindahan yang dapat dinikmati melalui penglihatan seperti lukisan, patung, arsitektur, kerajinan, sketsa dan lain-lain.

Sementara seni gerak meliputi seni tari dan teater yang dapat dinikmati melalui indera penglihatan dan pendengaran kita.

Kemudian seni suara yang dapat dinikmati dengan indera pendengaran seperti seni musik dan seni vokal.

Selain itu, seni juga memiliki bentuk-bentuk seni seperti:

1. Seni Musik

pengertian seni musik

Pada seni musik yang mengandalkan bunyi, tentunya juga diselaraskan dengan irama, lagu dan keharmonisan nada menjadi yang unsur utama untuk menghasilkan sebuah musik yang indah bagi pendengarnya.

Musik yang dihasilkan juga tidak selalu dari alat musik, manusia juga dapat menghasilkan suara musik seperti akapela dan juga beatbox.

2. Seni Tari

pengertian seni tari

Tari berasal dari gerak tubuh yang indah yang diiringi oleh musik yang dilakukan pada tempat dan waktu tertentu.

Biasanya fungsi dari seni ini selain sebagai media untuk mengekspresikan perasaan si penari atau sang koreografer, tetapi juga untuk keperluan pergaulan, upacara adat, dan lain sebagainya.

3. Seni Sastra

pengertian seni sastra

Pada seni sastra, penikmat seni dapat merasakan keindahannya yang berasal dari pilihan kata-kata yang digunakan oleh si penulis, serta makna dari kata-kata tersebut.

Seni sastra dapat diekspresikan baik dalam bentuk teks yang dapat dinikmati dengan indera penglihatan maupun dalam bentuk pertunjukan (puisi, drama) yang dapat dinikmati melalui indera penglihatan dan pendengaran.

4. Seni Teater

pengertian seni teater

Seni teater atau drama dimulai dari proses pemilihan teks atau naskah drama yang akan dimainkan, melakukan penafsiran tokoh, penggarapan, penyajian hingga pementasan.

Pada tahap terakhir, yaitu pementasan, penikmat seni mulai dari penonton umum, pengamat seni, kritikus atau pun peneliti dapat sama-sama menikmati hasil visualisasi naskah dengan indera penglihatan maupun indera pendengaran.

5. Seni Rupa

pengertian seni rupa

Seni rupa merupakan salah satu cabang seni yang dapat menghasilkan karya seni berbentuk dua dimensi dan tiga dimensi.

Baca juga : Pengertian Seni Rupa dan Unsur-unsur dalam Seni Rupa

Yang dapat ditangkap oleh indera penglihatan dan dapat dirasaan dengan rabaan.

Dengan mengolah unsur-unsur seni seperti titik, garis, bentuk, bidang, ruang, warna, tekstur, serta pencahayaan yang dilakukan dengan sedemikian rupa sehingga menghasilkan suatu karya seni yang memiliki nilai estetika.

Seni rupa sendiri terbagi lagi yaitu seni murni dan terapan.

Yang membedakannya adalah seni murni lebih condong kepada media untuk mengekspresikan perasaan seniman pada karyanya, misalnya pada seni lukis, seni patung, arsitektur.

Sedangkan pada seni terapan, seniman akan mempertimbangkan tujuan dan fungsi dibuatnya karya seni tersebut sebelum ia akan memulai menggarapnya dan dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Yang termasuk dengan seni terapan misalnya adalah seni kriya, yang termasuk di dalamnya ada kriya pahat, tekstil, anyaman serta keramik.

 

Nah, setelah membaca artikel ini, Satu Jua berharap kamu sekarang menjadi lebih paham mengenai pengertian seni, fungsi seni dan macam-macam seni yang telah Satu Jua bahas di atas.

Pada hakikatnya, kehidupan manusia memang selalu bersinggungan dengan dunia seni. Seperti setiap hari saat kita menonton film, mendengarkan musik, melihat papan reklame di jalan dan membaca buku.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat untukmu, ya!

5 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.