8 Manfaat Sholat Dhuha dan Tata Cara Melakukannya

Satujua.comManfaat sholat dhuha dapat dirasakan tidak hanya pada sisi rohani tetapi juga jasmani. Inilah alasan sholat dhuha sangat dianjurkan untuk dilakukan setiap hari.

Sholat yang dilakukan pada saat matahari terbit yaitu antara pukul 08.00 hingga waktu dzhuhur ini memberikan ketenangan jiwa dan kesehatan tubuh.

Manfaat sholat dhuha yang paling umum diketahui adalah untuk membuka pintu rezeki selebar-lebarnya.

Selain itu, sholat dhuha juga memberikan manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Untuk selengkapnya Satu Jua telah merangkum di bawah ini :

Manfaat Sholat Dhuha Untuk Kesehatan

Manfaat lain dari sholat dhuha yaitu terhadap kesehatan. Sholat dhuha mengandung gerakan-gerakan sholat yang jika dilakukan dengan sempurna akan dapat melatih tubuh seperti kegiatan dalam berolahraga.

1. Olahraga Tanpa di Sadari

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, sholat dhuha dilakukan pada pagi hari sekitar pukul 08.00 hingga menjelang dhuhur.

Pada jam-jam ini adalah saat yang baik untuk berolah raga. Gerakan-gerakan sholat dhuha dapat membantu kesehatan tulang dan otot karena semua bagian tubuh ikut bergerak, mulai dari tangan, siku, lutut dan kaki.

Tanpa kita sadari, gerakan pada sholat dhuha memerlukan olah tubuh yang efeknya sama dengan olahraga.

2. Melancarkan peredaran darah

Selain menjalankan ibadah, dengan melakukan sholat dhuha tubuh manusia akan mendapatkan kelancaran peredaran darah.

Hal ini dapat terjadi karena gerakan dalam sholat dhuha mampu melancarkan peredaran darah. Gerakan tersebut yaitu mengangkat kedua tangan, membungkuk ketika rukuk, sujud yaitu dengan meletakkan kepada di posisi paling rendang dibandingkan badan.

Gerakan-geraan tersebut membuat darah mengalir ke kepala dan akan dinormalkan kembali saat duduk.

3. Menormalkan Produksi Hormon

Produksi hormon dalam tubuh akan kembali normal jika melakukan gerakan sholat dhuha secara benar dan sempurna.

Produksi hormon yang ideal akan membantu terjaganya kesehatan tubuh baik untuk bagian tubuh hingga organ vital manusia.

Manfaat sholat dhuha untuk rohani

4. Membuat jiwa lebih tenang

Selain bermanfaat untuk kesehatan, sholat dhuha mengandung gerakan-gerakan yang dapat mempengaruhi kondisi rohani manusia.

Jiwa akan menjadi lebih tenang selain manfaat sholat dhuha yang paling umum diketahui yaitu membuka pintu rezeki.

5. Menghilangkan Stress

Ketenangan jiwa yang didapatkan dari sholat dhuha juga akan berdampak pada semakin efektifnya manusia dalam melakukan berbagai pekerjaan.

Sholat dhuha menghindarkan kita dari stress karena saat melakukan sholat dhuha, seluruh kekhawatiran kita lepaskan sehingga beban hidup hilang.

Stress merupakan salah satu faktor yang dapat memicu munculnya berbagai macam penyakit pada manusia.

Sejak dari saat mengambil air wudhu, beban pikiran sudah mulai ikut mengalir.

Saat melakukan sholat dhuha akan semakin merasa jauh lebih tenang karena sumber rezeki sudah terjamin akan selalu ada.

Manfaat Sholat Dhuha Untuk Kecantikan

Kecantikan merupakan hal yang sangat diidamkan oleh setiap kaum hawa.

Untuk melakukan perawatan, umat muslim tidak hanya bisa merawat kulit dan lain sebagainya, tetapi juga dapat melakukan kewajiban sholat 5 waktu dan sholat dhuha.

6. Kebersihan Muka

Selain sejumlah manfaat yang sudah Satu Jua jelaskan di atas, manfaat sholat dhuha juga sebagai kebersihan muka seperti menjaga kecantikan karena wajah akan dibasuh dengan air bersih ketika wudhu sehingga terjaga kebersihannya.

Membasuh wajah secara tepat tentu akan menjaga kulit tetap kencang sehingga terlihat awet muda.

7. Wajah Berseri

Menjalankan s sholat dhuha serta sholat 5 waktu setiap hati tentu akan memancarkan kecantikan alami.

Setelah berwudhu dan menjalankan sholat, wajah seseorang akan terlihat lebih berseri. Hal ini sudah banyak dibuktikan oleh umat muslim.

Manfaat Sholat Dhuha Untuk Kesuksesan

Selain berusaha, berdoa juga menjadi salah satu jalan untuk dapat meraih kesuksesan. Terutama bagi umat muslim, sholat dhuha memberikan jalan kesuksesan tersendiri karena pintu rezeki akan dibuka sangat lebar.

8. Membuka Pintu Rezeki

Pada dasarnya, sholat dhuha dilakukan untuk mendapatkan jaminan rezeki.

Banyaknya rezeki menjadi salah satu faktor penentu kesuksesan seseorang.

Berusaha dan berdoa yang dilakukan secara seimbang akan menjadi berkah apalagi jika dibarengi dengan melakukan sholat dhuha.

Tata Cara Sholat Dhuha

Sholat dhuha merupakan salah satu sholat sunah yang banyak dijadikan sarana untuk meminta dibukakannya pintu rezeki bagi umat islam.

Hal ini tertulis di dalam hadis Rasulullah. Setelah kita membahas mengenai berbagai manfaat sholat dhuha yaitu untuk kesehatan, kecantikan, rohani dan kesuksesan, sekarang saatnya membahas tata cara dari sholat dhuha yang harus diperhatikan.

  • Yang perlu dilakukan pertama kali adalah membaca niat di dalam hati sambil takbiratul ihram. Ucapan niat bisa menggunakan bahasa Arab atau bahasa sendiri yang pasti harus mengungkapkan keniatan untuk melakukan sholat dhuha.
  • Langkah selanjutnya yaitu membaca doa iftitah yang dilanjutkan dengan membaca surat Al Fatihah. Setelah selesai membaca surat Al Fatihah, kemudian membaca surat pendek sebisanya. Namun, akan lebih afdol jika membaca surat Asysyams saat rakaat pertama dan surat Al Lail saat rakaat kedua.
  • Setelah itu melakukan ruku’, bacaan yang dibaca yaitu tasbih sebanyak tiga kali lalu berlanjut ke gerakan i’tidal sambil membaca bacaannya.
  • Dilanjutkan dengan herakan sujud dan membaca tasbih sebanyak tiga kali yang kemudian diikuti dengan gerakan duduk di antara sujud sambil membaca bacaanya. Gerakan sujud dilakukan kembali demikian pula dengan bacaan saat sujudnya.
  • Setelah rangkaian rakaat pertama selesai, maka akan dilajutkan rakaat kedua dengan tata cara yang sama dengan rakaat pertama.
  • Ketika rakaat kedua selesai, pada saat tasyahhud akhir selesai dilanjutkan dengan mengucapkan salam sebanyak dua kali. Jika memilih untuk melakukan sholat dhuha lebih dari dua rakaat, maka tata cara pelaksanaannya sama dengan dua rakaat sebelumnya.

 

Manfaat sholat dhuha sangat baik untuk kesehatan, kecantikan, rohani. Tidak hanya itu, Allah juga akan membukakan pintu rezeki bagi kita yang menjalankannya dengan benar dan sempurna.

Tags:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.