Seperti Apa Manfaat Perdagangan Internasional Antar Negara?

Manfaat perdagangan internasional antar negara sudah dirasakan sejak zaman dahulu. Perdagangan internasional awalnya berlangsung terhadap beberapa komoditi seperti sutra, rempah-rempah, teh dan lain sebagainya.

Perdagangan internasional membawa banyak manfaat tidak hanya dalam bidang ekonomi, tetapi juga pada bidang politik, sosial, dan yang lainnya ikut mengalami perubahan.

Di perdagangan pada era saat ini semakin tumbuh dan berkembang pesat. Hal ini terjadi karena pengaruh perkembangan teknologi yang menunjang teknik produksi, sistem transportasi.

Selain itu, perusahaan transnasional dan outsourcing manufaktur dan jasa ikut mengalami kemajuan yang pesat.

Pengertian perdagangan internasional

Manfaat Perdagangan Internasional
via shcce.com

Pada dasarnya, perdagangan internasional adalah aktivitas pertukaran yang meliputi barang, jasa maupun modal yang dilakukan antar penduduk berbagai negara atas kesepakatan bersama.

Aktifitas ini menjadi salah satu sumber pendapatan penting bagi negara terutama negara yang sedang berkembang.

Namun, perdagangan internasional dapat terbatasi oleh pengaruh bidang ekonomi, sosial dan politik antar negara yang berubah-rubah.

Hal ini dapat mempengaruhi jumlah pendapatan dari perdagangan global.

Manfaat perdagangan internasional yang diperoleh oleh suatu negara bisa dilihat dari berbagai aspek kehidupan seperti :

1. Manfaat Umum

dampak inflasi terhadap perekonomian
via kwm.com

Secara umum, manfaat perdagangan internasional yaitu sebagai berikut:

  • Pemenuh kebutuhan

Pada umumnya, sebuah negara tidak dapat memenuhi segala macam kebutuhan seluruh rakyatnya. Dan inilah salah satu alasan terjadinya perdagangan internasional. Ada beberapa kebutuhan akan barang dan jasa yang tidak dapat dipenuhi karena kondisi geografis, penguasaan teknologi, iklim dan lain sebagainya.

  • Memperoleh keuntungan

Meski beberapa negara dapat memenuhi kebutuhan masyarakatnya atas suatu barang yang sama, akan tetapi ada kalanya negara tersebut masih mengimpor dari luar negeri. Salah satu alasannya adalah untuk mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya.

  • Memperluas pasar perdagangan

Ada saatnya pengusaha merasa khawatir untuk menyediakan barang dalam jumlah besar. Kondisi pasar yang tidak memadai mempengaruhi tingkat produksi perusahaan. Hal tersebut dapat mempengaruhi harga sehingga memicuk kerugian. Disinilah manfaat perdagangan internasional dimana pengusaha tidak perlu cemas untuk memperbanyak jumlah produksi karena dapat dijual ke luar negeri.

  • Transfer teknologi modern

Manfaat lain dari perdagangan internasional yaitu dapat menyalurkan ilmu teknologi dan manajemen produksi secara lebih efesien dari negara modern ke negara yang sedang berkembang. Transfer ilmu pengetahuan dan teknologi ini dapat mengembangkan sumber daya manusia di suatu negara.

2. Manfaat di bidang Ekonomi

manfaat perdagangan internasional
via xuetangx.com

Aspek ekonomi mendapatkan manfaat yang nyata dari perdagangan internasional, diantaranya yaitu:

  • Memenuhi Kebutuhan dalam Negeri

Sebuah negara membutuhkan negara lain agar dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Adanya kerjasama antar negara dapat menambal kekurangan dalam suatu negara sehingga kebutuhan ekonomi dapat terpenuhi.

  • Menambah kemakmuran suatu negara

Perdagangan internasional memberikan manfaat positif terhadap pendapatan suatu negara. Hal ini merupakan timbal balik yang didapatkan antar negara dimana negara yang memiliki kelebihan barang akan menjualnya pada negara yang kekurangan.

  • Menambah lapangan pekerjaan

Kenaikan kebutuhan akan suatu barang sebagai akibat dari perdagangan internasional memaksa industri untuk lebih banyak mempekerjakan masyarakat. Hal ini tentu menambah kemakmuran suatu negara karena kesempatan kerja semakin terbuka sehingga pengangguran semakin berkurang.

  • Meningkatkan ilmu pengetahuan dan teknologi

Perdagangan internasional meningkatkan persaingan terhadap barang dan jasa. Hal ini membuat pelaku industri mau tidak mau harus bersaing dalam peningkatan mutu produknya. Peningkatna mutu dapat dilakukan dengan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang diterapkan dalam industri.

  • Pemasukan devisa negara

Salah satu sumber pendapatan negara yaitu berasal dari devisa. Devisa diperoleh dari pajak dan perdagangan internasional.

  • Efisiensi produk

Efisiensi produk dapat terjadi karena suatu negara dapat memenuhi kebutuhan dalam negeri tanpa harus memproduksi sendiri, yaitu dengan melakukan perdagangan dengan negara lain.

3. Manfaat dibidang Sosial

manfaat perdagangan internasional
via sosobtc

Dalam bidang sosial, manfaat perdagangan internasional diantaranya adalah :

  • Dapat mencegah terjadinya krisis

Selain mendapatkan keuntungan secara ekonomi, perdagangan internasional juga mempengaruhi bidang sosial. Saat terjadi krisis pangan dalam suatu negara, negara tersebut bisa mencukupi kebutuhan dalam negeri dengan membeli bahan pangan dari negara lain.

  • Mempererat hubungan antar negara

Saham dari berbagai perusahaan di belahan dunia manapun tidak hanya dimiliki oleh warga negaranya sendiri tetapi oleh warga negara lain. Hal ini dapat berdampak kepada semakin eratnya hubungan antar negara.

4. Manfaat dibidang Keamanan dan Politik

Manfaat Perdagangan Internasional
via anntw.com

Perdagangan internasional dapat memberikan manfaat diantaranya :

  • Suatu negara yang memroduksi barang tertentu yang telah disepakati tidak boleh untuk diproduksi dapat dikenakan sanksi eknomi. Barang tersebut misalnya adalah nuklir. Hal ini disepakati oleh seluruh negara anggota PBB untuk menciptakan keamanan global.
  • Perdagangan internasional memungkinkan negara lain untuk mengimpor persenjataan dari luar negeri untuk meningkatkan keamanan dalam negeri.
  • Peredaran senjata yang ilegal dapat dihilangkan dengan adanya perjanjian antar negara yang terlibat perdagangan. Hal ini berlaku juga untuk obat-obatan terlarang, hewan langka dan lain sebagainya.
  • Persahabatan antar negara juga dapat terjalin semakin erat dengan adanya perdagangan internasional sehingga iklim politik antar negara dapat terjalin semakin hangat.

Beberapa teori tentang perdagangan internasional

manfaat perdagangan internasional
via 7ozean.com
  • Model Adam smith yang berpendapat bahwa keuntungan suatu negara akan didapatkan jika negara tersebut mampu memroduksi barang dengan biaya yang lebih rendah dibandingkan dengan negara lain. Teori ini menyatakan bahwa jika harga dari suatu produk yang sama tidak memiliki perbedaan harga maka tidak akan terjadi perdagangan internasional.
  • Model Ricardian berpendapat bahwa suatu negara hanya akan memroduksi barang yang sesuai, dianggap baik dan menguntungkan bagi mereka. Hal ini menyebabkan mereka akan dapat menjadi spesialis secara penuh dari barang yang diproduksi. Dalam teori model Ricardian, tidak dicantumkan faktor pendukung produksi seperti jumlah buruh dan modal.
  • Model Heckscher-ohlin mengemukakan bahwa faktor pendukung dalam perdagangan internasional sangat menentukan pola perdagangan itu sendiri.

Negara memperbolehkan ekspor barang dan penerapan secara intensif demi memenuhi kebutuhan dan akan menerapkan kebijakan impor dari barang yang menggunakan faktor lokal secara intensif.

  • Faktor spesifik merujuk pada jangka pendek dari produksi barang yaitu modal fisik.
  • Model gravitasi sekilas mirip dengan hukum gravitasi Newton. Teori ini memperhitungkan jarak dan ukuran fisik dua benda. Selain itu, faktor pendapatan, hubungan diplomatik dan kebijakan perdagangan juga mempengaruhi model ini.

Faktor pendukung terjadinya perdagangan internasional :

  • Faktor alam atau potensi alam
  • Tingkat kebutuhan barang dan jasa dalam negeri
  • Pendapatan negara yang meningkat
  • Perbedaan sumber daya manusia, sumber daya alam, serta pengelolaan sumber daya ekonomi
  • Kelebihan jumlah produksi barang.
  • Tersapat perbedaan sumber daya manusia dan alam yang akhrinya berdampak pada perbedaan kualitas dan kuantitas hasil produksi.
  • Faktor kesamaan selera terhadap suatu barang.
  • Keinginan antar negara untuk bekerjasama.

 

Itulah pengertian sekaligus manfaat perdagangan internasional. Semoga dengan ini kamu jadi tahu ya selama ini aktivitas yang terjadi pada perdagangan internasional itu seperti apa.

Tags:

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.