Pengertian dan Macam-macam Search Engine Selain Google

Macam-macam Search Engine Selain Google – Bagi pencari informasi di internet, menggunakan search engine merupakan hal yang mutlak.

Tanpa search engine, tentu saja informasi yang dicari sangatlah terbatas atau kebanyakannya kurang akurat dan tidak sesuai dengan keinginan. Karena seringkali meskipun informasi yang didapat melalui search engine pun masih harus dipertanyakan letak akuratnya.

Berbicara tentang search engine, sebenarnya kamu sudah tahu belum apa yang dimaksud dengan search engine, contoh search engine, atau fungsi search engine sendiri?

Kalau belum mengetahui yang dimaksud dengan search engine, maka search engine ya sesuai dengan arti dari bahasanya, yaitu mesin pencari.

Contoh search engine ya seperti Google, tempat untuk mencari suatu informasi di internet melalui kolom yang sudah disediakan dengan cara mengetik kata kunci (keyword) yang hendak dicari.

Itulah manfaat atau fungsi search engine.

Bicara soal macam-macam search engine, Google hingga kini masih menjadi search engine raksasa karena menempati urutan teratas sebagai search engine yang secara umum lebih akurat.

Tidak heran jika Google digunakan hampir 75% pengguna internet di dunia.

Jumlah yang fantastis!

Namun, untuk 25% yang menjadi sisanya, search engine mana lagi yang hingga kini masih bertahan?

Nah, karena banyak yang khawatir jikalau Google berhasil menguasai penuh semua jaringan internet, maka mulai muncul berbagai search engine lainnya.

Setiap dari mesin pencari tersebut diharapkan bisa menyaingi perusahaan asal Amerika tersebut.

Mungkin di antara kita masih banyak yang belum mengetahui kalau sekarang sudah banyak belasan search engine atau mesin pencari yang digunakan banyak orang selain Google sendiri.

Bahkan perlu kita ketahui juga, bahwa belasan search engine tersebut juga sanggup menawarkan peroforma yang baik melalui hasil pencarian yang baik pula.

Masing-masing search engine ini memiliki karakter sendiri yang berbeda dengan mesin pencari lainnya.

Bagi kamu yang ingin mengetahui macam-macam search engine yang Satu Jua maksud, maka di bawah ini akan Satu Jua jabarkan masing-masing. Mari simak!

1. Bing

macam-macam search engine

Search engine atau mesin pencari yang diproduksi oleh Microsoft ini merupakan mesin pencari terpopuler kedua setelah Google. Tingkat pencarian menggunakan Bing di seluruh dunia saat ini mencapai 15,8%.

Antara Google dan Bing masih menuai kehebohan. Karena masih banyak pihak yang mengklaim bahwa pengguna mesin pencari atau netizen sebaiknya menggunakan Bing karena dinilai memiliki beberapa keunggulan yang tidak dimiliki oleh Google.

Beberapa keunggulan yang dimaksud meliputi :

  • Video hasil pencarian Bing secara signifikan terbukti jauh lebih baik daripada Google. Hal ini terbukti karena Bing menjadi search engine yang memberikan banyak thumbnails yang bisa diklik oleh para pengguna mesin pencari
  • Search Engine Bing terbukti lebih sering memberikan lebih banyak saran autocomplete dari pada Google
  • Bing bisa memprediksi kenaikan dan penurunan harga pesawat ketika kamu melakukan pencarian tiket penerbangan di kolom keyword. Sepertinya di Indonesia banyak yang belum tahu soal ini.
  • Bing juga mempunyai keunggulan bagi kamu yang ingin mengetik langsung alamat url sebuah situs. Ketika kamu melakukan hal tersebut, maka Bing akan langsung menyoroti tautan terbaik ada url situs yang kamu ketik. Pastinya cari ini akan sangat membantu kamu.
  • Selain itu, Bing juga mendukung mesin pencari Yahoo

2. DuckDuckGo

macam-macam search engin

Keunggulan yang dimiliki oleh search engine DuckDuckGo adalah tidak tersimpannya data para penggunanya. Oleh karena itu, hasil pencarian yang dilakukan oleh pengguna tidak akan terlacak termanipulasi. Maka bagi kamu yang takut akan ‘kekuatan mata-mata’ Google, maka DuckDuckGo bisa menjadi pilihan search engine terbaik.

3. Quora

macam-macam search engine

Sebagai jenis search engine yang paling popular saat ini, tentu saja Google terus berupaya memberikan layanan terbaik, termasuk melakukan perbaikan dalam memberikan jawaban terhadap pertanyaan-pertanyaan yang diajukan pengguna.

Namun, kemampuan Google dalam menjawab pertanyaan masih kalah jika dibandingkan dengan search engine Quora.

Sebab, Quora melayani pengguna dengan memberikan jawaban apapun dari komunitas ilmiah yang ada.

Selain itu, pengguna juga bebas mencari jawaban dari pertanyaan-pertanyaan (yang mirip) yang sudah ada sebelumnya.

4. Ask.com

macam-macam search engine

Meskipun Ask.com hanyalah sebuah search engine biasa yang beroperasi dengan pertanyaan dan jawaban.

Namun, hasil pencarian search engine satu ini akan sangat membantu pengguna ketika search engine lainnya tidak memberikan jawaban yang diinginkan.

Mesin pencari yang didirikan oleh Garret Gruener dan David Warthen di California pada tahun 1996 ini dapat mencari informasi secara detail dengan kemampuan penguraian data yang sangat banyak serta menampilkan link lain yang masih memiliki hubungan yang relevan.

5. Vimeo

macam-macam search engine
via poselab.com

Bagi kamu sebagai pengguna search engine yang dalam keadaan terdesak dan butuh untuk mengakses Google atau YouTube, tapi tiba-tiba bermasalah, maka kamu tidak perlu khawatir.

Sebab dengan mengakses Vimeo, para pengguna mesin pencari bisa mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Sebab, Vimeo merupakan jenis search engine yang sanggup membagikan (share) video banyak dengan resolusi tinggi dan tidak terdapat iklan di dalamnya.

6. Dogpile

macam-macam search engine

Jika pengguna search engine ingin mendapatkan ragam hasil pencarian dari berbagai mesin pencari, maka sebaiknya mencoba menggunakan Dogpile.

Sebab, search engine Dogpile sanggup menunjukkan hasil pencarian dari beragam mesin pencari yang berbeda, Google, Yandex, dan Yahoo sudah termasuk.

7. Yandex

macam-macam search engine

Mesin pencari yang berasal dari Rusia ini menawarkan berbagai produk dan layanan yang sama seperti Google.

Saat ini Yandex berapa pada posisi teratas sebagai search engine paling dominan atau paling banyak digunakan di negeri beruang merah tersebut.

Yandex dirancang dengan kinerja format dan algoritma yang logis dan tertata.

Banyaknya favicon di Yandex juga menjadi cara terbaik dalam menampilkan berbagai saluran yang berbeda.

Kamu bisa jadi lebih gampang untuk mengenal setiap saluran yang ditampilkan Yandex.

Oh iya bagi yang belum tahu, Favicon yang Satu Jua maksud adalah icon utama yang muncul di address bar pada suatu website.

Favicon adalah logo dari website tersebut. Di sinilah cara Yandex bekerja sebagai jenis search engine yang berasal dari Rusia.

8. SlideShare

macam-macam search engine

Slideshare merupakan sebuah search engine terbaik dan paling berguna jika para pengguna mesin pencari yang ingin mendapatkan informasi mengenai presentasi, slide decks, dan semacamnya.

9. Boardreader

macam-macam search engine
via into.anysearch.co

Boardreader menjadi sebuah mesin pencari yang sanggup menelusuri seluk beluk sebuah objek atau kata kunci (keyword) melalui berbagai sudut pandang yang unik atau berbeda.

Jika dirasa susah untuk mengetahui sebenarnya, Satu Jua sarankan kamu mencoba memakai Boardreader dan cobalah mengetik kata kunci di kolom yang sudah disediakan, maka kamu akan disuguhkan hasil informasi dari berbagai forum besar.

10. WolframAlpha

macam-macam search engine

WolframAlpha adalah ‘mesin komputasi pengetahuan’, atau kutu buku yang super cerdas.

Jadi, para pengguna search engine bisa memintanya untuk menghitung data apapun mengenai fakta apapun atau beragam pertanyaan seputar matematika, statistika, fisika, kimia, biologi, material, teknik, astronomi, komputasi, cuaca, dan geografi.

Sebetulnya, WolframAlpha memang tidak selalu berhasil dalam memberikan hasil yang sesuai dengan yang dicari pengguna search engine, namun setidaknya WolframAlpha berusaha untuk memiliki karakter tersendiri sebagai jenis search engine.

11. IxQuick

macam-macam search engine

IxQuick merupakan mesin pencari lainnya yang juga mementingkan privasi penggunanya.

Mereka tidak akan menyimpan informasi mengenai pengguna dan tidak ada alat apapun yang digunakannya.

Hebatnya 1xQuick, kamu jadi bisa lebih mudah mengatur preferensi yang hendak kamu cari. Namun, preferensi ini hanya akan bertahan dalam waktu 90 hari saja jika kamu tidak aktif menggunakan 1xQuick. Setelah itu akan terhapus secara otomatis.

Oh iya, baru-baru ini IxQuick sekarang terjadi redirect ke startpage.com (StartPage Search Engine) dengan fungsi yang sama.

12. Giphy

macam-macam search engine

Contoh search engine lainnya yaitu Giphy. Jika pengguna search engin ingin mencari gambar dengan format GIF tanpa harus repot, maka mesin pencari Giphy adalah pilihan yang tepat untuk mencari gambar format GIF.

Saat ini fitur-fitur yang ada pada Giphy terus mengalami perkembangan. Beberapa fitur terbaru yang dimiliki oleh Giphy adalah Giphy TV dan Giphy Capture yang merupakan aplikasi mobile untuk membuat GIF.

Sangat menarik!

13. Creative Commons Search

macam-macam search engine

Fungsi search engine Creative Commons Search sangat bermanfaat bagi para pengguna search engine yang ingin mencari gambar gratis tanpa copyright.

Caranya, pengguna cukup mengetikkan pencarian pada website pilihan.

14. Addict-o-matic

macam-macam search engine
via slideshare.net

Di Addict-o-matic, para pengguna search engine bisa menciptakan halaman topik pengguna sendiri.

Selain itu, pengguna juga bisa memberikan bookmark dan melihat hasil dari banyak channel yang ada pada satu halaman, seperti termasuk Google, Bing New, YouTube, Twitter, serta Flickr.

 

Demikianlah informasi seputar macam-macam search engine selain Google yang bisa kamu gunakan untuk membandingkannya dengan Google.

Sebab karakter pengguna internet atau netizen dalam mengolah informasi itu berbeda-beda, maka dengan memilih search engine selain Google bisa merupakan pilihan yang bagus karena macam-macam search engine yang disebutkan di atas memiliki keunikan atau karakter sendiri. Jadi mau tidak mau memang harus dicoba! 🙂

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.