6 Cara Keluar dari Zona Nyaman, Jangan Takut dengan Resikonya!

Satu Jua Saat ini banyak sekali orang yang hidupnya terkungkung dalam zona nyaman karena takut menghadapi berbagai problem dalam hidupnya. Akhirnya, mereka takut untuk keluar dari zona nyaman, bahkan terlalu takut untuk mencari cara keluar dari zona nyaman.

Faktanya, hidup dalam zona nyaman lambat laun akan terasa membosankan karena tidak ada ruang sama sekali untuk berpetualang dan merasakan hal-hal menarik dalam hidup ini.

Bagi kamu yang masih terkungkung dengan pola hidup seperti ini, kini saatnya kamu untuk bangkit dan melepaskan hidup kamu dengan cara keluar dari zona nyaman.

Karena percayalah, ketika kamu keluar dari pola hidup tersebut, kamu akan merasakan kalau hidup kamu jadi lebih bermakna, menarik, dan cenderung lebih percaya diri.

Berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu tempuh untuk keluar dari Zona Nyaman Hidup kamu :

Langkah Pertama : Jangan Takut ‘Bodoh”

cara keluar dari zona nyaman
via hitv.com

Di antara kesalahan fatal yang seringkali menimpa seseorang adalah terlalu mengkhawatirkan tanggapan orang lain. Akibatnya, ruang gerak kamu tentu akan terbatasi.

Jika kamu menghadapi kondisi seperti ini, maka solusinya adalah jangan takut menjadi ‘bodoh’. Jangan takut pula dicibir orang, selama yang kamu lakukan masih dalam tahap yang wajar. Cara keluar dari zona nyaman

Cobalah untuk perhatikan orang-orang yang kehidupannya terlihat santai tapi menyenangkan, niscaya kamu akan dapati kebanyakan dari mereka adalah orang-orang yang berani terlihat ‘bodoh’, berani melakukan hal-hal yang terlihat salah, berani konyol, dan bukan merupakan sosok sempurna. Meskipun tetap saja orang lain akan selalu memaafkan mereka, kan?

Justru orang-orang menyukai mereka karena ‘keanehan’ yang mereka miliki! Oleh karena itu, ayo untuk hilangkan seluruh rasa khawatir kamu soal pendapat orang lain yang ‘menakutkan’.

Ini maksudnya kamu tidak harus menjadi sosok yang sempurna kok. Karena seringkali sosok yang kurang sempurna malah lebih menyenangkan dan menarik loh untuk dikenali. Serius!

Jadi, jika selama ini kamu “bodoh’ dan “konyol”, maka mulai sekarang janganlah takut akan hal ini.

Langkah Kedua : Hadapi Ketakutan Kamu

cara keluar dari zona nyaman
via fodizi.net

Setiap orang pasti punya sikap fobia atau rasa takut terhadap sesuatu. Ada yang fobia ketinggian, tempat gelap, tempat sepi, tempat sempit, dan lain sebagainya.

Padahal yang perlu diketahui adalah, di kehidupan sehari-hari kita terdapat banyak sekali jenis ketakutan simpel yang di setiap harinya berhasil kita hadapi, seperti takut kepanasan, takut basah karena kehujanan, rasa takut kesepian, dan yang lainnya.

Solusi terbaik untuk menyelesaikan hal ini adalah dengan menghadapi rasa takut kamu sendiri. Selalu hindari berbagai kemungkinan negatif dan menyedihkan yang biasa muncul di kehidupan sehari-hari kamu. Cara keluar dari zona nyaman

Tetapi perlu diingat juga, jangan sampai rasa takut tersebut menjadikan kamu terlalu protektif sehingga hidup kamu akhirnya hanya dihabiskan untuk itu.

Percayalah, terkadang sebagian dari hal-hal buruk yang menimpa kamu justru menjadi pengalaman terbaik dalam kehidupan kamu jika kamu bersedia menghadapinya.

Langkah Ketiga : Bersiaplah Menghadapi Kegagalan

Cara keluar dari zona nyaman
via jianshu.com

Kegagalan merupakan hal lumrah yang menimpa ketika seseorang mencoba untuk melakukan sesuatu yang baru. Kuncinya, jangan takut gagal!

Pahamilah bahwa kesediaan kamu untuk mencoba sesuatu yang baru merupakan sebuah kemajuan dan langkah positif dalan hisup kamu.

Jadikan kegagalan sebagai langkah awal menuju kesuksesan, niscaya kamu akan lebih berani mengambil risiko dan berusaha keluar dari zona nyaman kamu selama ini.

Langkah Keempat : Siap Menerima Risiko

cara keluar dari zona nyaman
via zczj.com

Kebanyakan orang memilih hidup dalam zona nyaman karena tidak siap menerima resiko untuk hal-hal yang baru.

Zona nyaman tentunya membuat kamu merasa ‘nyaman dan aman’, tanpa perlu was-was karena selalu tahu apa yang kira-kira akan terjadi nanti.

Keluar dari zona nyaman memungkinkan kamu menghadapi kegagalan atau mengalami hal-hal yang berjalan di luar rencana. Di sinilah letak ketakutan kamu sehingga enggan untuk keluar dari zona nyaman.

Padahal ada yang perlu kamu ingat, meskipun kemungkinan kamu kehilangan sesuatu ketika keluar dari zona nyaman, tapi percayalah, kamu juga akan mendapatkan sesuatu yang menyenangkan dan berkesan!

Oleh karena itu, untuk menyamankan diri kamu dengan ketidakpastian tersebut, cobalah membiasakan diri untuk melakukan beberapa hal di bawah ini:

  • Melepaskan keterikatan. Saat kamu memutuskan untuk melakukan sesuatu, maka lakukanlah untuk diri kamu sendiri, bukan untuk meraih hasil tertentu.

Jika sesuatu yang kamu lakukan berisiko kehilangan sejumlah uang tertentu, pastikan kamu siap menghadapi kekalahan. Cara keluar dari zona nyaman

Pertaruhkan risiko tersebut untuk mendapatkan sesuatu yang menyenangkan.

Jika pada akhirnya kemenangan telah kamu raih, anggap saja kalau itu bonus!

Tapi jika kalah, jangan malah kamu merasa terbebani. Dengan kata lain, lepaskanlah diri kamu terhadap keterikatan dari hasil tertentu dan fokus saja hidup kamu untuk bersenang-senang dalam menjalani hidup dan memaksimalkan apa yang kamu miliki sekarang!

  • Menerima kenyataan. Ketika terjadi hal-hal yang melenceng dari apa yang telah kamu rencanakan, berusahalah menerimanya.

Terus-menerus berada di zona nyaman justru menyebabkan kamu selalu bergantung pada anggapan bahwa dunia ini seharusnya merupakan tempat yang aman dan terprediksi; faktanya, itu adalah ilusi belaka.

Menyimpan anggapan di atas justru hanya bisa bikin kamu frustasi. Kamu juga akan cenderung terjebak dalam kekecewaan!

Bukalah mata kamu segera! Sadarilah bahwa segala hal yang berjalan dalam kehidupan dunia ini dinamis, terkadang benar dan terkadang salah.

Langkah Kelima : Belajarlah dari Kegagalan

cara keluar dari zona nyaman
via chinesepost.ca

Kegagalan yang kamu alami ketika berani mengambil risiko dan keluar dari zona nyaman merupakan hal yang lumrah. Ambillah pelajaran dari kegagalan tersebut.

Menyadari kalau kamu memang tidak akan bisa mengubah kendali orang, tempat, atau peristiwa, namun kamu selalu bisa diandalkan untuk mengubah cara kamu merespons hal-hal yang ada dalam aktivitas sehari-hari.

Hal ini  akan membuat kamu lebih percaya diri dan siap untuk menerima kenyataan hidup yang beragam dan bersifat tidak pasti.

Langkah Keenam : Nikmati Saja Ketidaktahuan kamu

cara keluar dari zona nyaman
via yohey-hey.com

Agar kamu bisa keluar dari zona nyaman yang sudah lama mengungkung hidup kamu, cobalah menikmati ketidaktahuan kamu.

Coba tanyakan juga pada diri kamu, kapan terakhir kalinya kamu merasa bersemangat ketika tidak mengetahui apa yang akan terjadi?

Jika kamu tidak mampu memberikan jawaban yang spesifik, kemungkinan besar selama ini kamu memang sudah terlalu mapan di zona nyaman.

Namun, percaya saja jika keluar dari zona nyaman, kamu akan merasakan sebuah sensasi aneh terhadap tubuh kamu ketika khawatir terhadap berbagai hal yang akan terjadi.

Hal ini tentu terasa lebih menyenangkan dan lebih memberikan makna dalam hidup kamu.

 

Tips

  • Jadilah diri kamu sendiri. Bangkitkan rasa percaya diri kamu terhadap keunikan diri sendiri. Jangan pernah berfikir untuk menjadi orang lain, sehingga hidup kamu akan terasa lebih menyenangkan setelahnya.

Ingat, hidup ini hanya sekali. Sehingga kamu perlu menjalaninya dengan benar dan sebaik mungkin.

  • Jika kamu merasa sulit ketika ingin keluar dari zona nyaman, cobalah kamu memlainya dengan upaya-upaya yang sederhana. Lakukan terus dan kembangkan diri dari sana.
  • Penuhi diri kamu dengan karakter dan kemampuan yang berbeda-beda
  • Jadilah sosok yang unik dan berkarakter. Jangan terus-menerus mengkhawatirkan pendapat orang lain!

Cobalah untuk berani ambil resiko pada hal yang hendak kamu lakukan. Sebab sekeras apapun mencari tahu, kamu tidak akan pernah tahu seperti apa dampaknya bagi kehidupan kamu di masa yang akan kamu temui nanti.

  • Ingatlah, keluar dari zona nyaman terkadang membutuhkan proses yang sangat panjang. Cobalah untuk selalu bersabar dan percaya bahwa segala hal mungkin terjadi di dunia ini.
  • Setiap orang bisa meraih kesuksesan. Karenanya, jangan ragu keluar dari zona nyaman kamu dan mencoba berbagai hal baru!

Jangan takut ambil kesempatan yang datang karena kamu tidak pernah tahu kapan kesempatan tersebut berbuah kesuksesan dan keberhasilan.

 

Peringatan

  • Terkadang kamu lebih baik tidak mengetahui apa yang akan terjadi, sebab dengan begitu kamu mampu sedikit mengabaikan bahaya yang ada dan terdorong untuk lebih berani mengambil risiko.

Tapi perlu diingat, menutup mata sama sekali terhadap bahaya atau kemungkinan buruk yang ada bukanlah cara yang baik. Berani melangkah dengan tetap memikirkan cara yang terbaik dan paling tepat tidak akan menyebabkan penyesalan di kemudian hari.

  • Ketahulah perbedaan antara ‘keluar dari zona nyaman’ dengan ‘bersikap bodoh dan ceroboh’. Ingat, ada perbedaan yang sangat jelas antara bersikap ceroboh dan berani mengambil risiko.

Orang ceroboh tidak mengambil risiko. Orang-orang cerboh justru tidak akan memikirkannya! Oleh karena itu, pastikan kamu selalu mengetahui risiko yang ada sebelum mengambil keputusan; pastikan kamu juga selalu siap untuk menerima konsekuensinya apabila terjadi hal-hal yang berjalan di luar rencana

  • Berusahalah semaksimal mungkin untuk menghindari berbagai hal yang bisa menyakiti diri kamu sendiri.

Jika kamu berada di pada posisi yang cenderung menghadapi banyak resiko disakiti orang lain secara fisik, alangkah baiknya kamu belajar bela diri, setidaknya teknik-teknik dasar bela diri.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.