11 Cara Cepat Menguasai Bahasa Inggris untuk Pemula, Yuk Langsung Praktekkan!

Tapi sebelum kita membahas cara cepat menguasai bahasa Inggris, mari kita membahas betapa pentingnya belajar bahasa Inggris di era yang serba maju seperti sekarang.

Dari tahun ke tahun, belajar bahasa Inggris semakin dipopulerkan oleh banyak masyarakat di setiap negara melalui kampanye atau ajakan untuk belajar bahasa Inggris. Bukan hanya dari negara yang bahasa dasarnya bahasa inggris, tetapi juga negara yang memiliki bahasa sendiri, salah satunya di Indonesia.

Ini karena sudah terbukti bahwa dengan menguasai bahasa Inggris, kamu akan terlihat percaya diri, keren, gampang cari kerja tingkat internasional, tidak pernah was-was ketika bepergian ke luar negeri, bisa ambil kesempatan untuk beasiswa ke luar negeri, bisa berdagang online lalu menjualnya ke luar negeri, serta otak kamu jadi terlatih.

Pokoknya dengan belajar bahasa Inggris, kamu bisa meningkatkan harga diri dan kesejahteraan kehidupan kamu! Itulah hebatnya menguasai bahasa inggris.

Maka jika kamu ingin menjadi kepribadian lebih baik lagi, belajar bahasa Inggris menjadi salah satu jawabannya. Lagi pula, belajar bahasa Inggris tidaklah susah. Yang susah itu niatnya untuk konsisten belajar secara terjadwal.

Dan karena kamu sudah membuka artikel ini, maka Satu Jua akan memberikan 11 cara cepat belajar bahasa Inggris untuk pemula.

1. Biasakan Untuk Menggunakan Bahasa Inggris

cara cepat menguasai bahasa Inggris
via ilmubahasainggris.com

Karena pada dasarnya language is a habit.

Kamu akan bisa menguasai bahasa apapun karena kebiasaan kamu menggunakan bahasa tersebut. Ini bukan berlaku untuk bahasa Inggris saja, tetapi semua bahasa.

Namun karena kali ini kamu ingin menguasai bahasa Inggris, maka biasakanlah menggunakan bahasa Inggris. Cara cepat belajar bahasa Inggris

Semakin sering dibiasakan, maka semakin cepat menguasai bahasa Inggris. Buatlah sebuah hari dimana pada hari itu kamu harus menggunakan bahasa Inggris.

Atau buatlah beberapa jam penggunaan di setiap harinya. Hanya beberapa jam tidak masalah, asal dilakukan secara konsisten.

Paling asyik sih kalau di rumah ada lawan bicaramu yang bisa diajak menggunakan bahasa Inggris setiap saat.

2. Sering-seringlah Nonton Film Bahasa Inggris

cara cepat menguasai bahasa Inggris
via zhidao.baidu.com

Ini merupakan kategori belajar bahasa Inggris sambil bersenang-senang. Sebab nonton film kan hiburan dan cenderung membuat senang. Maka supaya cepat menguasai bahasa Inggris, kamu harus mengamati kosakata bahasa Inggris sekaligus tata bahasa bahasa Inggris yang baik dan benar.

Ketika mendengarkan tata bahasa bahasa Inggris dengan baik dan benar, secara langsung telinga kamu akan peka dengan kalimat-kalimat dari film bahasa Inggris yang kamu tonton. Kamu jadi cepat paham soal kosakata dan tatas bahasa bahasa Inggris.

Kalau perlu, kamu menonton film bahasa Inggris tanpa subtitle. Ini malah bisa membuat kamu terpacu untuk mencari tahu arti di setiap ucapan yang tidak kamu ketahui.

Apalagi kalau film bahasa Inggris yang kamu tonton merupakan film yang sudah kamu tunggu-tunggu, pasti rasa penasaran untuk mencari tahu kalimatnya sangatlah besar.

Coba saja ya! Cara cepat menguasai bahasa Inggris melalui film bahasa Inggris ini cukup terbilang efektif kok dan pastinya layak dicoba.

3. Jangan Pernah Menyerah

cara cepat menguasai bahasa Inggris
via lifealth.com

Karena belajar bahasa Inggris itu berdasarkan kebiasaan, maka berlatih terus menerus itu perlu sekali. Karena jangankan bahasa Inggris, bahasa Indonesia saja masih perlu dilatih kok.

Bagi kamu yang sudah bisa bahasa Inggris pasif dan ingin upgrade ke bahasa Inggris aktif, maka artinya perlu memperbanyak jam terbang dan tekun. Kedua hal tersebut menjadi kunci utama. Karena ada banyak pelafalan dan pemahaman dalam bahasa Inggris.

Karena harus perbanyak jam terbang, maka kamu juga harus bisa mengatur waktu. Cara cepat belajar bahasa Inggris

4. Sisipkan Kalimat Bahasa Inggris Ketika Sedang Bersama Teman

cara cepat menguasai bahasa Inggris
via ent.china.com

Meskipun sering juga akhirnya lawan bicara atau teman kamu menganggap kamu songong atau ‘sok’ karena sering menyisipkan kalimat bahasa Inggris ketika ngobrol. Tetapi demi tujuan proses cepat belajar bahasa Inggris, kamu acuhkan saja anggapan tersebut.

Karena hal ini sangatlah penting bagi yang belajar bahasa Inggris otodidak. Kemampuan speaking kamu lama-lama akan berjalan sukses.

5. Biasakan Mendengar Lagu-lagu Bahasa Inggris

cara cepat menguasai bahasa Inggris
via thegioididong.com

Siapa sih yang tidak suka dengan lagu?

Tapi karena misi kamu agar cepat menguasai bahasa Inggris, maka lagu-lagu yang harus kamu dengarkan adalah lagu-lagu bahasa Inggris.

Sama seperti menonton film, lirik dari lagu bahasa Inggris bikin kamu terpacu untuk mencari tahu artinya.

Selain itu, mendengarkan lagu bahasa Inggris dengan serius juga bisa melatih kemampuan listening kamu loh!

Yuk, praktekan! Cara cepat belajar bahasa Inggris

6. Pelajari Kosakata Bahasa Inggris dengan Sungguh-sungguh

cara cepat menguasai bahasa Inggris
via news.zol.com.cn

Menghafal atau mengartikan kosakata bahasa Inggris itu mudah. Seringkali yang susah itu kesungguhan dalam menghafal atau mengartikan. Jadi kalau tidak sungguh-sungguh, kosakata yang dihafal gampang sekali terlupakan di kepala.

Ini wajar terjadi sih. Okeh karena itu supaya tidak sia-sia saat proses menghafal dan mengartikan kosakata bahasa Inggris, kamu harus langsung mempraktekkan. Entah dengan cara merekam di setiap kalimat bahasa Inggris atau mencatat kosakata-kosakata bahasa Inggris yang menurut kamu susah untuk diingat.

Percayalah, tidak ada proses yang sia-sia. Kamu bahkan bisa menggunakan bantuan kamus bahasa Inggris-Indonesia online atau aplikasi belajar bahasa inggris. Sekarang mah banyak!

7. Rajinlah Membaca

Yang sekarang punya hobi membaca novel atau artikel bahasa Indonesia, yuk segera upgrade dengan bacaan bahasa Inggris.

Tapi bagi yang belum punya hobi membaca, tetap saja harus sering membaca. Karena pada dasarnya membaca kan sangat penting!

Apalagi yang sekarang punya misi menguasai bahasa Inggris, ya salah satunya harus membaca buku atau bacaan bahasa Inggris sebanyak mungkin.

Alasannya simple. Karena membaca membuat kita mendapat banyak pengetahuan bahasa Inggris baru.

Semakin sering membaca, maka kinerja otak kamu akan terangsang baik dan daya ingat kamu semakin kuat pada kalimat atau kosakata bahasa Inggris. Asal cara membaca bahasa inggris harus dilakukan serius ya!

Bisa dibilang membaca merupakan metode paling efektif untuk cepat menguasai bahasa Inggris. Atau bisa dibilang cara cepat belajar bahasa Inggris ya dengan membaca banyak bacaan bahasa Inggris.

Apalagi jika membacanya dengan cara mengucap keras-keras, pasti kalimat atau kosakata bahasa Inggris yang kamu ucap akan cepat kamu kuasai. Secara langsung kemampuan speaking kamu akan semakin baik.

Yuk, rajin-rajin baca berita bahasa inggris juga!

8. Rajin Menulis Bahasa Inggris itu Seru!

cara cepat menguasai bahasa Inggris
via cw.com.tw

Keseruannya sangat jelas jika kamu terapkan di Blog, Status Facebook atau Twitter.

Satu Jua sih menyarankan kamu menulis bahasa Inggris di Twitter. Karena Twitter didesain untuk berkicau melalui tulisan sebanyak mungkin. Jadi kamu bisa berkreasi dengan cara apapun menggunakan kalimat bahasa Inggris.

Tidak usah takut salah dengan grammar bahasa Inggris. Namanya juga sedang belajar. Kalau takut salah maka proses belajarnya bakal lama atau malah nggak bisa cepat menguasai bahasa Inggris.

Percayalah, menulis juga sama seperti membaca yang merupakan metode paling efektif untuk cepat menguasai bahasa Inggris. Kepala kamu akan merekam setiap tulisan yang kamu tulis. Jika sesering mungkin membuat kalimat di Twitter, maka kemampuan belajar bahasa Inggris kamu cepat meningkat. Sampai tidak sadar kalau akhirnya kamu sudah berada di tahap menulis cerita panjang di sebuah blog menggunakan bahasa Inggris.

9. Mengubah Bahasa di Hape ke Dalam Tampilan bahasa Inggris

cara cepat menguasai bahasa Inggris

Pada dasarnya kan bahasa Inggris karena kebiasaan. Maka biasakan sesuatu yang sering kamu perhatikan menggunakan bahasa Inggris. Salah satunya tampilan bahasa di hape. Kamu bisa mengubahnya ke dalam tampilan bahasa Inggris.

Lumayan kan terjemahan bahasa Inggris yang disuguhkan bisa menambah kosakata.

10. Bertemu dengan Orang yang Sedang Belajar Bahasa Inggris juga

cara cepat menguasai bahasa Inggris
via ent.sina.com.cn

Ini salah satu sarana efektif juga untuk cepat menguasai bahasa Inggris.

Dengan bertemu orang yang sedang belajar bahasa Inggris, kalian bisa saling share proses pembelajaran versi masing-masing.

Oh iya, kalau kamu mau, bisa juga loh sengaja bertemu dengan orang yang jago menguasai bahasa Inggris. Jadi percakapan bahasa Inggris bisa langsung dimulai sejak pertama kali kenal. Kamu jadi tahu deh tata bahasa Inggris yang baik itu seperti apa.

Kemajuan seseorang juga ditentukan dari kondisi ruang lingkupnya. Jadi jika ruang lingkup kamu adalah orang-orang yang menguasai bahasa Inggris, maka kamu cepat ketularan deh!

Pada intinya kamu boleh dengan sengaja mencari teman-teman dari kalangan yang menguasai bahasa Inggris. Ini sangat bisa memotivasi kamu dalam mengembangkan pengetahuan bahasa Inggris.

Atau kamu sengaja mau cari pasangan bule?

Boleh-boleh saja kok! Pasti proses belajar bahasa Inggris bakal berjalan seru!

11. Pergi ke kursus bahasa Inggris

cara cepat menguasai bahasa Inggris
noobpreneur.com

Apalagi untuk kursus bahasa Inggris, disarankan sekali bagi yang serius ingin cepat menguasai bahasa Inggris.

Bertatapan dengan penerjemah bahasa Inggris itu cara yang efektif. Karena pelajaran bahasa inggris yang diberikan si penerjemah atau guru bahasa Inggris sudah sesuai dengan kapasistas cara belajarmu.

Yang punya banyak waktu bisa banget mengikuti kursus di lembaga bahasa Inggris di kota kamu.

Tapi bagaimana dengan yang punya waktu sedikit?

Tenang saja. Kan sekarang banyak sekali kursus online bahasa Inggris yang bisa terbilang fleksibel karena kamu bisa menentukan sendiri jadwal kursusnya. Mungkin opsi ini bisa banget dicoba bagi kamu pekerja yang minim waktu untuk melakukan kursus offline.

Untuk kursus bahasa Inggris, cari saja di Google, banyak kok.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.